Peluang Ekspor Pertanian Semakin Tinggi di Indonesia

Oleh : Diera

 

Dengan semakin majunya teknologi serta kemajuan dari zaman, semakin maju pula pemikiran-pemikiran dari orang-orang untuk tetap bertahan hidup dan menghadapi persaingan yang semakin ketat. Oleh karena itu pula kita harus bisa memanfaatkan peluang-peluang yang ada agar kita tetap bisa bertahan dan dapat bersaing dengan orang lain. Selain skill yang kita miliki kita harus juga dapat melihat peluang serta dapat ber inovasi dan mengeluarkan ide-ide yang baru.

Saat ini peluang untuk berwirausaha sangat tinggi, oleh karena itu pula kita dapat memanfaatkan hal tersebut. Kita dapat melihat peluang apa saja yang ada di Indonesia dalam hal ini. Sektor apa saja yang dapat kita pilih untuk dapat kita manfaatkan dalam berwirausaha. Untuk hal itu awal mula yang harus kita pilih yaitu mencari sektor apa yang ingin kita pilih kemudian apa produk yang ingin kita fokuskan.

Saat ini peluang yang paling tinggi yang dapat kita manfaatkan adalah pada sektor pertanian. Dimana sektor pertanian di Indonesia saat ini sudah hampir kalah bersaing dengan produk-produk pertanian impor dari negara lain. Saat ini kita dapat melihat buah-buahan impor mulai merajai Indonesia. Kita mulai hampir kehilangan citra bangsa kita yaitu bangsa yang kaya dengan buah-buahan.

Oleh karena itulah kita harus dapat menciptakan kualitas yang baik untuk produk-produk dalam negeri agar kita tidak kalah bersaing dengan produk luar negeri yang mulai merambah dan mulai menurunkan integritas produk-produk dalam negeri. Kita juga harus manfaatkan sumber daya yang ada untuk memaksimalkan produk-produk dalam negeri dan kita melakukan inovasi-inovasi untuk perubahan serta mengembangkan produk-produk dalam negeri khususnya untuk sektor pertanian.

Peluang untuk sektor pertanian Indonesia sangat tinggi dimana Indonesia untuk sektor pertanian mengalami peningkatan terus setiap bulan nya. Dari hal inilah kita dapat memanfaatkan peluang tersebut. Kita dapat mengambil ataupun memfokuskan untuk produk ataupun barang tertentu.

Saat ini untuk sektor pertanian, peluang ekspor coklat sangat tinggi. Hal ini dikarenakan coklat sangat diperluakan oleh banyak orang dan coklat semua orang pun menyukainya. Selain itu Pantai Gading (Afrika) sebagai pengekspor tertinggi untuk coklat sedang mengalami konflik sehingga negara tersebut tidak mengekspor sama sekali coklatnya. Dengan demikian kita dapat memanfaatkan peluang ini. Saat ini Indonesia telah ratifikasi Internasional Cocoa Agreement/ICA 2010 yang tinggal selangkah lagi Indonesia bisa bergabung dengan ICCO ( International Cocoa Organization ). Di tingkat dunia Indonesia merupakan negara produsen kakao ketiga terbesar menurut ICCO.

Selain ekspor coklat/kokoa kita tetap dapat memanfaat kan peluang pada kelapa sawit yang masih mendominasi untuk pertanian. Kelapa sawit mengalami perkembangannya yaitu Indonesia menjadi negara produsen kedua saat ini. untuk menjadi produsen pertama kita harus dapat memanfaatkan peluang yang ada serta merencanakan ide-ide untuk mengembangkan ekspor kelapa sawit ke dunia Internasional. Banyak lagi hasil-hasil pertanian yang dapat kita jadikan sebagai peluang untuk kita manfaatkan serta kita dapat jadikan usaha yang dapat membuahkan hasil ataupun menguntungkan. Kita harus dapat melihat pangsa pasar yang ada serta dapat melihat bagaimana segmentasi,targeting serta positioning untuk produk atau barang yang kita fokuskan atau pilih.

Saat ini kita dapat manfaatkan peluang untuk sayur-sayuran serta buah-buahan dari organik. Hal ini dapat dicari banyak oleh orang-orang. Bahan organik sangat dibutuhkan untuk kesehatan, selain itu lebih awet dibandingkan dengan sayur-sayuran ataupun buah-buahan non organik. Oleh karena itu hal ini dapat dijadikan sebagai peluang ekspor pertanian untuk buah-buahan serta sayur-sayuran organik. Indonesia sangat berpeluang untuk menghasilkan sayur-sayuran serta buah-buahan organik, karena Indonesia masih memiliki sumber daya alam yang sangat banyak. Selain itu Indonesia masih memiliki lahan untuk dapat membudidayakan buah-buahan serta sayur-sayuran organik. Di daerah Puncak (Bogor) misalnya kita dapat membudidayakan produk-produk organik karena selain lahan masih ada udara di sana masih sangat sejuk dan sedikit polusinya.

Sayur mayur serta buah-buahan Indonesia sangat berpeluang untuk masuk ke pasar Singapura karena saat ini pangsa pasar Indonesia hanya 10 persen untuk sayur-sayuran serta buah-buahan ke negara tersebut. Indonesia menargetkan 2014 pangsa pasar Indonesia bisa mencapai 25 persen untuk ekspor sayur-sayuran serta buah-buahan ke negara tersebut. Indonesia masih membutuhkan eksportir karena Indonesia masih kekurangan eksportir sayur-sayuran dan buah-buahan baik yang bentuknya perusahaan maupun koperasi. Hal ini sangat penting karena Singapura menginginkan partner dagang yang dapat memberikan pasokan dalam volume tertentu secara berkelanjutan.

Dengan demikian ekspor sayur-sayuran serta buah-buahan organik sangat dibutuhkan. Karena pastinya hal ini sangat diperlukan khususnya untuk negara-negara yang tidak memiliki lahan pertanian serta untuk negara-negara maju yang kebanyakan sangat kurang sumber daya alam nya. Dalam hal ini kita dapat memanfaatkan sumber daya alam Indonesia yang sangat kaya ini dengan menciptakan peluang serta lapangan kerja baru untuk para petani serta menciptakan inovasi-inovasi dan ide-ide untuk mengembangkan ekspor sektor pertanian Indonesia.

Keyakinan untuk menciptakan peluang baru serta pasar baru di sektor pertanian Indonesia ini sangat tinggi. Karena dapat dilihat sendiri Indonesia memiliki SDA serta SDM yang tinggi, serta ekspor tertinggi Indonesia masih mendominasi di sektor pertanian. Karena masih banyaknya peluang inilah diharapkan kita dapat memanfaatkannya dan dapat mengambil keuntungan serta dapat mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia. Dari hal ini maka indikator-indikator ekonomi semuanya akan berpengaruh. Dimana apabila tingkat ekspor meningkat, pendapatan meningkat, pengangguran berkurang, inflasi turun serta cadangan devisa untuk negara pun bertambah. Dengan ini maka Pendapatan Nasional Indonesia pun dapat meningkat.

Mencari peluang yang ada mungkin sangat sulit akan tetapi jika kita tidak pernah mencoba peluang yang ada maka kita akan menjadi orang yang selalu gagal dan tidak pernah berhasil dalam apapun.

About Inspirasi

Tabloid Inspirasi adalah tabloid dwimingguan yang berisi artikel dan opini dari para inteletual Indonesia yang ditujukan untuk membantu meningkatkan kapasitas dan partisipasi masyarakat dalam mendukung good governance. Selain itu, Inspirasi juga menerbitkan biografi para tokoh yang memiliki karya besar dalam bidangnya.

Posted on 3 Oktober 2011, in Ekonomi, Pertanian. Bookmark the permalink. 1 Komentar.

  1. UPAYA MELINDUNGI JERUK DALAM NEGERI MAMPU BERSAING DENGAN IMPORT :

    ” Produksi jeruk lokal perlu terapkan budidaya perlindungan buah agar kematangan merata maka kwalitas Jeruk Lokal Indonesia akan terserap pasar seimbang dengan jeruk kwalitas import dengan tampilan warna yang menarik ”

    KITA JANGAN KALAH DAN JANGAN BERDIAM DIRI , BUKAN MASALAH HARGA , BILA JERUK LOKAL FISIK WARNA DAN TAMPILAN TIDAK MENARIK TENTU TIDAK AKAN PUNYA NILAI , BUYER LEBIH MEMILIH JERUK SEHAT KEMATANGAN MERATA.

    Solusi petani buah -buahan kwalitas super di http://www.petanipeneliti.webs.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: